Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Distro Linux Buatan Anak Bangsa Indonesia

Distro Linux merupakan sebuah sistem operasi yang umumnya bersifat gratis, kita tidak hanya mendapat sebuah sistem operasi saja akan tetapi kita juga bisa mengakses kode sumber dari Linux itu sendiri dan bisa untuk dimodifikasi sesuai keinginan dan kebutuhan penggunanya, maka tak heran sekarang banyak sekali distro Linux yang bermunculan setiap tahunnya. Tak kalah dengan luar negeri anak bangsa pun tak ketinngalan membuat distro distro Linux, Berikut beberapa Distro Linux yang dikembangkan hasil karya anak bangsa;

1. IGOS NUSANTARA

IGOS Nusantara disingkat IGN adalah sistem operasi dengan perangkat lunak legal, handal dan tanpa membayar lisensi untuk pengguna di Indonesia. IGOS Nusantara dikembangkan oleh Pusat Penelitian Informatika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia bersama dengan komunitas. IGOS Nusantara secara konsisten dikembangkan sejak tahun 2006.




2. TEA LINUX

TeaLinuxOS adalah distro Linux yang di turunakan dari Ubuntu yang dikembangkan oleh Dinus Open Source Community (DOSCOM). Dengan filosofinya, “Nikmatnya sebuah racikan”, TeaLinuxOS dikembangkan secara terbuka dan dikhususkan untuk dunia pendidikan dan mereka yang bergelut di bidang pemrograman.



Versi
: Tea Linux OS XI
Codename
: Stevia
Core
: Xubuntu 18.04 LTS
Desktop Environment
: XFCE
Download ISO : Download


3. DRACOS LINUX

Dracos merupakan distro Linux yang dibuat dari LFS (Linux from stracth) atau bisa dikatakan Linux yang dibuat dari awal tanpa diturunkan dari Distro Lainnya, Dracos merupakan distro Linux yang dikhususkan untuk mereka yang bergelut di bidang security atau penetration testing.


Dracos
sumber gambar: http://haltcode.blogspot.com


Linux BlankOn adalah distribusi Linux yang dikembangkan oleh Tim Pengembang BlankOn. Distribusi ini dirancang dan disesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia. Linux BlankOn dikembangkan secara terbuka dan bersama-sama untuk menghasilkan distro Linux khas Indonesia, khususnya untuk dunia pendidikan, perkantoran dan pemerintahan. Blankon adalah distro yang diturunkan Dari Debian.


 

Posting Komentar untuk "Daftar Distro Linux Buatan Anak Bangsa Indonesia"

Iman Nurjaman
Iman Nurjaman Penulis, Blogger