Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan DNS over HTTPS di Android Web Browser

mengaktifkan DNS Over HTTPS di android


Sudah kita ketahui berasama perbedaan HTTP dan HTTPS adalah pada bagian keamanannya, Apabila kita mengunjungi sebuah situs yang masih mengunggunakan HTTP itu sama sekali tidak aman, semua informasi yang dikirimkan melalui jaringan internet yang tidak terenkripsi besar kemungkinan informasi tersebut bisa di sadap oleh orang yang tidak bertanggung jawab. maka dari itulah dikembangkan HTTPS untuk menutupi kekurangan HTTP yang masih belum dilengkapi proteksi keamanan. apalagi untuk saat ini situs yang masih belum upgrade ke HTTPS di bagian address bar browser kita, akan menampilkan peringatan bahwa situs tersebut tidak aman.

Kenapa Harus pakai DNS Over HTTPS?


Meskipun sobat semua mengunjungi situs yang sudah menggunakan HTTPS, permintaan kueri DNS sobat semua akan dikirim melalui koneksi yang tidak terenkripsi. Itu berarti bahwa meskipun sobat menjelajahi situs saya contohnya https://www.imanancin.com, siapapun bisa melihat bahwa sobat mengunjungi situs https://www.imanancin.com. loh kok bisa? bukannya sudah aman menggunakan HTTPS?. ya untuk pertukaran data antara situs HTTPS dan user memang sudah aman akan tetapi permintaan query DNS belum aman. contoh kasus yang sering terjadi adalah DNS Hijacking atau bahasa awamnya pembajakan server DNS.

Untuk mengatasi masalah query DNS yang masih belum aman ini maka dikembangkan teknologi DNS over HTTPS, (DoH). yang memungkinkan semua permintaan query kita ke server DNS akan di enkripsi sehingga pihak ketiga atau hacker tidak bisa lagi melihat permintaan kuery antara komputer kita dan server DNS. Cloudflare merupakan salahsatu provider Doh yang biasa digunakan.


Cara mengaktifkan DNS over HTTPS di Android


Untuk para pengguna android sejak versi 9 atau PIE secara default Google sudah menanamkan fitur iini kita bisa melihat pengaturannya sebagai berikut.

  • Buka menu Setting 
  • Kemudian cari Jaringan dan Internet, gulir ke bawah lalu klik DNS privete/DNS pribadi
  • Secara default masih kosong sehingga kita harus mengaktifkan nya manual, silahkan klik Private DNS Provider Hostname lalu isikan server Doh yang diinginkan. biasa yang saya gunakan afdalah server kepunyaan cloudflare dengan alamat 1dot1dot1dot.cloudflare-dns.com
  • Setelah itu lalu klik simpan



Untuk sobat semua yang handphone nya belum updrade ke android 9 sobat bisa menngunakan aplikasi 1.1.1.1 yang dikembangkan oleh Cloudflare itu sendiri sobat bisa langsung menuju ke playstore untuk mendownloadnya silahkan klik Link ini caranya pun cukup mudah cukup install kemudian klik Tombol nya dibagian tengah, apabila ada peringatan VPN silahkan klik OK kan saja, apabila sudah muncul tulisan Connected berarti sudah berjalan dengan baik.




Selain itu juga untuk versi browser yang sekarang sobat bisa mengaktifkan DoH langsung melalui web browser caranya seperti berikut:
  • Buka aplikasi Google Chrome > Menu Setting
  • Klik Menu Privacy > Use Secure DNS
Mengaktifkan dns over https chrome androidMengaktifkan dns over https chrome android
  • silahkan klik On kan pada bagian Use Secure DNS
  • Pada Choose another provider pilih Cloudflare (1.1.1.1)

Mengaktifkan dns over https chrome android


Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan DNS over HTTPS di Android Web Browser"