Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Gambar atau Video tidak muncul di Galery HP Android

Mengatasi Gambar atau Video tidak muncul di Galery HP Android


Pernah gak teman-teman baru saja mendownload gambar terus dibuka di galeri tidak tampil gambar tersebut ataupun teman-teman udah edit gambar pakai picsay ataupun edit video pakai kinemaster terus pas di save tidak terdapat di galeri gambar atau video hasil editan tersebut.

nah  salah satu penyebabnya mungkin video yang telah teman-teman edit itu tidak terdeteksi oleh sistem android dan tidak akan tampil di galeri teman-teman. oleh sebab itu sini saya akan mencoba mengatasi masalah tersebut.


Cara mengatasinya tidak perlu pusing, teman-teman bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memunculkan foto ataupun video yang tidak tampil di galeri teman-teman.

Langkah pertama teman-teman download dulu aplikasinya di play store AZ media scanner bisa langsung klik link ini untuk mendownload aplikasinya.

Setelah selesai teman-teman buka aplikasinya lalu izinkan apabila meminta persetujuan perizinan penyimpanan.

Selanjutnya teman-teman tinggal klik Start Mediascan dan tunggu aplikasi akan membaca gambar ataupun file media lainnya sampai selesai.

Apabila proses pemindaian sudah selesai, teman-teman bisa cek di galeri teman-teman apakah file media tersebut sudah tampil atau belum.


File atau gambar tidak kunjung tampil di galeri?

Oke meskipun teman-teman sudah menjalankan aplikasi media scanner tersebut akan tetapi file ataupun gambar dan video tidak kunjung tampil.

mungkin bisa disebabkan oleh masalah lain salah satunya adalah terdapat file di dalam folder berisi file media tersebut yaitu sebuah file .nomedia, yang mana file ini akan memberitahukan sistem Android untuk tidak memindai folder tersebut sehingga file video ataupun gambar yang terdapat di folder tersebut akan diabaikan dan tidak akan tampil di galeri.

Untuk masalah ini cara mengatasinya kita harus menghapus file .nomedia tersebut.

Teman-teman cukup klik Remove .Nomedia di menu aplikasi AZ Media Scanner setelah itu lalu pilih folder yang terdapat file gambar/video yang tidak tampil di galery. lalu klik tombol Ceklis di pojok kanan bawah.

Selain itu kitu juga bisa dengan menggunakan file manager untuk menghapus file .nomedia, dengan mengunjungi folder yang berisi gambar/video yang tidak tampil digalery, kemudian tekan atau klik titik tiga sebelah kanan atas Kemudian klik tampilkan file tersembunyi setelah itu maka file .nomedia akan tampil dan silahkan untuk menghapusnya file tersebut. 

Apabila sudah selesai menghapus file .nomedia tersebut maka teman-teman bisa scan ulang dengan menggunakan aplikasi AZ media scanner dan cek lagi di galeri file atau video yang tidak tampil tersebut apakah sudah tampil atau belum.

Apabila masih belum juga tampil silakan teman-teman restart ulang HP kemudian nyalakan lagi dan cek pastikan lagi apakah file tersebut sudah muncul di galeri atau belum pastinya sudah muncul dong hehehe.

Oke mungkin sekian saja yang bisa saya sampaikan pada kali ini sampai jumpa di postingan selanjutnya terima kasih wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 

Posting Komentar untuk "Mengatasi Gambar atau Video tidak muncul di Galery HP Android"

Iman Nurjaman
Iman Nurjaman Penulis, Blogger